soal ujian 2010

Standard

CATATAN SOAL UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Untuk menulis soal yang baik,tentu harus  memperhatikan kaidah-kaidah penulisan soal yang berlaku. Kaidah penulisan soal pilihan ganda meliputi : Materi, Konstruksi , dan Bahasa (Perhatikan buku Perangkat penilaian kurikulum KTSP SMA yang dikeluarkan oleh Depdiknas tahun 2008). Pada Naskah soal ujian tahun pelajaran 2009/2010 yang digunakan di Kota Mataram, kami menemukan beberapa butir soal yang tidak sesuai dengan kaidah penulisan soal. Butir soal tersebut antara lain :

1. Butir soal No. 6 dan 7 baik paket P 28 maupun Paket P 61, butir soal ini tidak sesuai dengan kaidah kontruksi yang menyatakan : Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban harus merupakan pernyataan yang diperlukan saja.

Butir soal No.6  Rumusan pokok soalnya berbunyi  “ Balon hydrogen dapat terbang di angkasa, karena diisi dengan gas hydrogen yang kerapatannya ( massa jenisnya) lebih kecil dari massa jenis udara. Gas hydrogen yang diisikan pada balon tersebut dapat diperoleh dari reaksi antara logam  alumunium  dengan larutan asam sulfat encer, menghasilkan alumunium sulfat dan gas hydrogen. Persamaan reaksi setara yang menggambarkan proses produksi gas hydrogen adalah… “

Esensi pokok soal adalah reaksi antara logam alumunium dengan larutan asam sulfat encer, rumusan pokok soal dapat disederhanakan menjadi : Persamaan reaksi setara,reaksi antara logam  alumunium  dengan larutan asam sulfat encer, menghasilkan alumunium sulfat dan gas hydrogen adalah… “

Butir soal No. 7 Rumusan pokok soal berbunyi: “ Dalam kehidupan sehari-hari, karbit sering digunakan untuk pengelasan logam karena gas yang dihasilkan dari reaksi karbit dengan air mempunyai sifat mudah terbakar, nyala terang dan berkalor tinggi. Reaksi selengkapannya sebagai berikut :  CaC2 (s) +  2 H2O (l) →  Ca(OH)2 (aq) + C2H2 (g)

Nama IUPAC senyawa karbit pada reaksi tersebut diatas adalah…”

Esensi pokok soal adalah nama IUPAC senyawa karbit, rumusan pokok soal dapat disederhanakan menjadi : Nama IUPAC senyawa karbit dengan rumus kimia CaC2 adalah….

2. Butir soal No. 29 Paket 61 yang di paket P 28 No. 30, butir soal ini tidak sesuai dengan kaidah Materi yang menyatakan : Soal harus sesuai dengan Indikator. Butir soal ini bertentangan dengan konsep kimia, pokok soanya adalah proses pelarutan gula, tetapi pertanyaannya konsep laju reaksi yang dipengaruhi oleh luas permukaan.

3. Butir soal no. 40 paket P 61, butir soal ini tidak sesuai dengan kaidah materi. yang menyatakan  : Setiap soal harus mempunyai satu jawaban yang benar.  Butir soal no 40 ini tidak ada option jawaban yang benar.

One thought on “soal ujian 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s