Teori Behavoristik

Standard

OH ….! UJIAN NASIONAL

Menurut teori beavioristik , belajar merupakan transmisi pengetahuan dari expert ke novice. Berdasarkan konsep ini, pesan guru adalah menyediakan dan menuangkan informasi sebanyak-banyaknya kepada siswa. Guru mempersepsi diri berhasil dalam pekerjaannya apabila dia dapat menuangkan pengetahuan sebanyak-banyaknya ke kepala siswa dan siswa dipersepsi berhasil apabila mereka tunduk menerima pengetahuan yang dituangkan oleh guru kepada mereka. Praktik pendidikan yang berorientasi pada persepsi itu adalah bersifat induktrinasi. Walaupun teori ini bertentangan dengan teori konstruktivisme, yang menekankan pebelajar(siswa) mengkontruksi sendiri pengetahuannya sebagai hasil interaksi nya terhadap lingkungan belajar, akan tetapi teori behavioristik agaknya lebih manjur diterapkan kepada siswa  kelas XII tiga bulan terakhir untuk menghadapi ujian nasional. Dapat dipercaya (walaupun tanpa data penelitian) beberapa guru SMA  yang mengajar kelas XII , tiga bulan terakhir akan melakukan drill soal-soal latihan untuk menghadapai ujian nasional saja, walaupun tidak sedikit guru yang masih memperhatikan bagaimana seharusnya mengajar yang benar. Agar guru tidak terjebak pada pragmatisme, Ujian Nasional tetap dilaksanakan akan tetapi kelulusan di serahkan ke Satuan Pendidikan yang bersangkutan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s